Penjelasan detail Subject Verb Agreement

In Sentences
loading...

Penjelasan detail Subject Verb Agreement – Hai sahabat, kalian pasti sudah mengenal yang namanya ‘verb’. Verb merupakan kata kerja dalam Bahasa Inggris. Dalam menentukan kata kerja, apakah harus ditambahkan akhirsan –s atau tidak (untuk Simple Present Tense), apakah menggunakan am, is, atau are (untuk Present Continouse Tense), atau yang lainnya, kita harus menyesuaikannya dengan subjek dalam kalimat tersebut yang dikenal dengan nama Verb Agreement. Berikut adalah penjelasan detail mengenai Subject Verb Agreement.

 

Pengertian Subject – Verb Agreement

 

Subject – Verb Agreement merupakan kesesuaian antara kata kerja (verb) dan subject dalam kalimat dalam hal jumlah (number), yaitu tunggal (singular) atau jamak (plural).

 

Subjek dalam kalimat dapat berupa kata benda (noun), kata ganti (pronoun), atau bentuk lain yang berfungsi kata benda (noun), seperti Gerund (V-ing) dan infinitive (V1). Pada dasarnya, subjek tunggal (singular subject) menggunakan kata kerja tunggal (singular verb) yang ditambahkan akhiran -s/ -es untuk orang ketiga tunggal (third person) contihnya adalah Ann, Roy, Andi, dll, sedangkan subjek jamak (plural subject) menggunakan kata kerja jamak (plural verb) tanpa akhiran -s/ -es, akan tetapi akhiran tersebut diberikan pada subjek kalimat karena subjek tersebut dalam bentuk jamak.

Baca juga:  Perbedaan Penggunaan Do, Does, dan Did Dalam Kalimat Bahasa Inggris

 

Aturan tersebut berlaku untuk orang ketiga tunggal (third person), dan juga untuk kata ganti personal (Personal Pronoun), contohnya yaitu we dan they (jamak) dan she, he, it (tunggal). You dan I merupakan pengecualian karena meskipun kata ganti tersebut berbentuk tunggal, kata ganti tersebut menggunakan aturan jamak untuk kata kerjanya.

 

Contoh Kalimat Subject – Verb Agreement

Subject = italic

Verb = bold

 

  • The girls play together in the park. (Anak – anak perempuan bermain bersama di taman)
  • The cat plays a yarn ball. (Kucing bermain sebuah bola benang)
  • Andi likes pizza and spaghetti. (Andi suka pizza dan spaghetti)
  • I like fried rice, chicken soup, and cake. (Saya suka nasi goreng, sup ayam, dan kue)
Baca juga:  Perbedaan Penggunaan Do, Does, dan Did Dalam Kalimat Bahasa Inggris

 

Akan tetapi jika terdapat kata kerja bantu (helping verb), maka helping vern tersebutlah yang berubah bentuknya, sedangkan kata kerja utama (main verb) nya tetap dalam bentuk dasar (base form). Contoh kata kerja bantu (helping verb) yaitu is, does, has (untuk subjek tunggal), dan are, do, have (untuk subjek jamak). Khusus untuk kata kerja has dan have aturan tersebut tidak berlaku jika kata kerja tersebut berada di belakang kata kerja bantu (helping verb) yang lain.

 

Contoh Kalimat Subject – Verb Agreement dengan Helping Verb

Subject = italic

Verb = bold

Helping Verb = underline

 

  • One student in Class XII A always comes late to school. (Seorang siswa dari kelas XII A selalu datang terlambat ke sekolah)
  • My friends like watching movies together. (Teman – temanku suka menonton film bersama)
  • Aiden is working in the office now. (Aiden sedang bekerja di kantor sekarang)
  • I do have a nice dress for you. (Saya benar – benar punya gaun yang indah untukmu)
  • The secretary has checked my documents before she gives it to the manager. (Sekertaris telah mengecek dokumen saya sebelum dia memberikannya kepada manajer)
  • She will have been cooking for dinner when I come. (Dia akan telah sedang memasak untuk makan malam ketika saya datang)
Baca juga:  Perbedaan Penggunaan Do, Does, dan Did Dalam Kalimat Bahasa Inggris
Advertisement

Note:

Aturan has – have yang telah dijelaskan di atas tidak berlaku.

 

Sedangkan untuk Past Tense, tidak terdapat perbedaan bentuk kata kerja untuk subjek tunggal atau jamak jika tidak ada kata kerja bantu (helping verb), yaitu was dan were.

 

Contoh Kalimat Subject – Verb Agreement

Subject = italic

Helping Verb = underline

 

 

  • The lion was eating its prey. (Singa tersebut sedang memakan mangsanya)
  • They were doing their school assignments. (Mereka sedang mengerjakan tugas sekolah mereka)
  • He swam in the swimming pool. (Dia berenang di kolam renang)
  • We swam in the lake. (Kami berenang di danau)

Note:

Tidak ada perbedaan bentuk kata kerja pada subjek He dan We dalam Past Tense tanpa Helping Verb

 

Jika kata kerja yang digunakan adalah kata kerja penghubung (linking verb), maka kata kerja am, is (khusus I), dan was (past tense) digunakan oleh subjek tunggal (singular subjek), sedangkan are (present tense) dan were (past tense) digunakan oleh subjek jamak (plural subject).

 

Contoh Kalimat Subject – Verb Agreement dengan Linking Verb

Subject = italic

Linking Verb = underline

 

  • James is (James rajin)
  • The guys are (Laki – laki tersebut mengganggu)
  • I was a basketball player. (Saya dulu seorang pemain basket)
  • My paintings were bought by him. (Lukisan – lukisan saya dibeli olehnya)

 

Masalah pada Subject – Verb Agreement                

 

Terkadang kita dihadapkan dengan beberapa permasalahan seperti subjek yang berupa Collective Noun, Plural Form, atau Compound Subject dengan makna tunggal, kita akan merasa bingung kata kerja apakah yang akan kita pakai.

 

Berikut adalah contoh Subject – Verb Agreement dengan Collective Noun

Subject = italic

Helping Verb = underline

 

  • The team is going to have a vacation next week. (Para anggota tim (bersama – sama akan berlibur minggu depan)
  • The team are going to have a vacation next week. (Para anggota tim (maaing – masing) akan berlibur minggu depan)

 

Note:

Collective Noun merupakan kata benda yang digunakan untuk menyatakan nama suatu kumpulan yang anggotanya lebih dari satu orang. Collective Noun sebagai subject dapat berfungsi sebagai singular subject atau pun plural subject. Jika Collective Noun tersebut dianggap melakukan suatu tindakan atau aktivitas secara bersama – sama sebagai suatu kesatuan maka dianggap sebagai singular subject dan memakai kata kerja dengan aturan untuk subjek tunggal, sedangkan jika Collective Noun tersebut dianggap melakukan kegiatan atau aktivitas masing – masing (bukan kesatuan) maka dianggap sebagai plural subject dan menggunakan kata kerja dengan aturan untuk subjek jamak.

 

Demikianlah sahabat penjelasan detail mengenai Subject Verb Agreement. Semoga dapat bermanfaat bagi kalian dan dapat dipahami dengan baik. Terima kasih.

Tags: #Contoh Subject Verb Agreement #Kalimat Subject Verb Agreement #Subject Verb Agreement

Must read×

Top