5 Aspek Membaca di Dalam Bahasa Inggris yang Perlu Dikuasai

Sebuah bahasa, terbagi menjadi empat kemampuan yaitu listening, speaking, reading, dan yang terakhir adalah writing. Keempat skill tersebut mempunyai manfaat yang sama besarnya. Disaat Anda ingin menguasai bahasa secara menyeluruh, maka sangat dianjurkan untuk rutin melatih keempat-empatnya.

Skill penting yang akan kita bahas di dalam kesempatan ini adalah reading atau membaca. Selama ini, mungkin yang kita ketahui, sebagai seorang pembelajar bahasa Inggris adalah reading sama dengan membaca nyaring paragraf demi paragraf dan mengartikannya ke bahasa Indonesia sehingga lebih mudah dimengerti.

Skema kegiatan yang kita lakukan tersebut adalah reading comprehension yaitu membaca sebuah teks dengan tidak hanya membaca semata, namun melakukan kegiatan lain berupa interaksi dengan teks tersebut misalnya menemukan ide pokok dan menulis event-event di dalam teks dengan tujuan mendapatkan pemahaman yang jauh lebih baik. Tetapi, apa yang biasa kita lakukan belum merujuk sebuah pola yang terstruktur. Sehingga, untuk melakukan sebuah comprehension atau pemahaman mengenai sebuah teks dengan gamblang, sangat diperlukan poin-poin yang bisa menjadi alur kerja.

Baca juga:  Contoh Report Text About Bird (Burung) Beserta Artinya

Poin penting tersebut dinamakan sebagai aspects of reading yang mencakup identifying main idea (menentukan ide pokok), understanding vocabulary (pemahaman kosakata), identifying details (mengidentifikasi hal-hal detail), identifying reference (menentukan referensi), dan determining inference (menentukan dugaan).

1. Identifying Main Idea

Main idea adalah ide pokok atau inti dari sebuah wacana. Menentukan ide pokok biasa kita awali dengan cara membaca judul, melihat gambar di teks, dan membaca kalimat-kalimat yang ada di paragraf pertama dimana biasanya mewakili keseluruhan ide.

Besar sekali manfaatnya ketika Anda mengetahui apa ide pokok yang ada di dalam sebuah teks. Karena dengan begitu, maka Anda bisa mendapatkan frame atau gambaran mengenai teks tersebut secara keseluruhan yang mempermudah aktivitas membaca selanjutnya.

Baca juga:  Spoof Text Dalam Bahasa Inggris : Pengertian, Struktur dan Contohnya

Ketika sudah mendapatkan main idea, maka sempurnakan pemahaman Anda dengan cara membuat kalimat yang pendek dan sudah mewakili ide pokok dari wacana yang dibaca.

2. Understanding Vocabulary

Tahap kedua adalah mendapatkan pemahaman terhadap kosakata. Paham akan kata-kata yang ditulis membuat kita semua tentu lebih mengerti maksud teks secara keseluruhan. Tetapi, masalahnya adalah ketika kita tidak menemukan kamus, dan kemudian harus mengerti sebuah kosakata, maka itu merupakan situasi yang sulit.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah membaca frase atau kosakata yang ada di sekitar kata yang tidak Anda mengerti.  Kata rainbow bisa menjadi contoh disini. Saat ada kalimat “after the rain, there was a rainbow”. Kita dapat menebak arti kata ranbow dengan membaca frase sebelumnya, after the rain = setelah hujan. Maka, setelah hujan ada? Pelangi bukan? So kalau begitu arti dari kata ranbow adalah pelangi.

Baca juga:  Cerita Dongeng Putri Salju (Snow White) Dalam Bahasa Inggris dan Artinya
Advertisement

3. Identifying Details

Setelah mencari kata-kata sulit dan kemudian memahaminya, maka yang harus dikerjakan selanjutnya adalah memahami berbagai detail informasi yang ada. Tentu, informasi tersebut merupakan informasi-informasi yang penting seperti tokoh di dalam teks, lokasi terjadinya peristiwa, dan rangkaian peristiwanya itu sendiri.

4. Identifying Reference

Reference maksudnya adalah referensi dimana seorang pembaca harus mengetahui siapa pemilik kata ganti atau pronoun yang ada di teks tersebut. Contoh dari reference bisa Anda temukan di kalimat, “Frendika is a student of Junior High School and he never comes late.”

Kata ganti he digunakan untuk menggantikan Frendika. Sehingga, he merujuk pada atau mempunyai reference ke Frendika.

Contoh lain dari reference adalah kalimat “My father takes the book and give it to me” , pronoun it merupakan kata ganti untuk the book, sehingga it mereferensikan the book.

5. Making Inference

Making inference adalah membuat praduga terhadap berbagai hal mengenai teks tersebut. Misalnya mengenai peristiwa apa yang terjadi selanjutnya, apa tujuan si penulis membuat teks tersebut, dan bagaimana jika salah satu peristiwa diubah.

Semua praduga-praduga yang harus Anda tebak tersebut pada dasarnya ditujukan untuk meningkatkan pemahaman Anda mengenai teks tadi.

Itulah 5 aspek dalam membaca yang musti Anda masukkan dalam setiap reading activity.

Contoh Report Text About Dog dan Artinya
Contoh Report Text About Dog dan Artinya
Contoh Report Text About Dog dalam Bahasa
Tips Meningkatkan Kemampuan Menulis (Writing)
Tips Meningkatkan Kemampuan Menulis (Writing)
Tips Meningkatkan Kemampuan Menulis (Writing) – Keterampilan menulis
Cara Hebat Meningkatkan Kemampuan Listening Anda
Cara Hebat Meningkatkan Kemampuan Listening Anda
Cara Hebat Meningkatkan Kemampuan Listening Anda – Pada
Tips Penting dalam Cara Membaca Teks di Reading Test
Tips Penting dalam Cara Membaca Teks di Reading Test
Tips Penting dalam Cara Membaca Teks di
Contoh Artikel Bahasa Inggris Tentang Pendidikan Remaja dan Artinya
Contoh Artikel Bahasa Inggris Tentang Pendidikan Remaja dan Artinya
Contoh Artikel Bahasa Inggris Tentang Pendidikan Remaja
Contoh Review Text Harry Potter Terbaru
Contoh Review Text Harry Potter Terbaru
Contoh Review Text Harry Potter Terbaru –
Contoh Review Text (Adele – Someone Like You)
Contoh Review Text (Adele – Someone Like You)
Someone Like You “Someone Like You” song
Contoh Report Text About Eagle dan Artinya
Contoh Report Text About Eagle dan Artinya
Contoh Report Text About Eagle dan Artinya
Contoh Explanation Text About Volcano Terbaru
Contoh Explanation Text About Volcano Terbaru
Contoh Explanation Text About Volcano Terbaru –
Contoh Report Text About Durian dan Artinya
Contoh Report Text About Durian dan Artinya
Contoh Report Text About Durian dan Artinya
Must read×

Top